Pengertian dan Ciri-ciri Grafis Bitmap dan Vektor

AOBEZA- Mendengar kata grafis apa yang ada dipikiran kalian? apakah sebuah gambar? yap grafis pada intinya adalah sebuah gambar berjenis digital, artinya gambar ini hanya bisa ditampilkan suatu device elektornik seperti ponsel, komputer atau kamera. Karena itu gambar ini bentuknya berupa file yg memuat macam macam format.

Grafis dibagi menjadi dua, yaitu bitmap dan vektor, keduanya merupakan gambar digital, namun memiliki komponen yang berbeda serta beberapa kelebihan dan kekurangan. Dari perbedaan keduanya kita dapat mengetahui baik dari segi penerapannya, pembuatannya dan tampilannya. Bitmap dan vektor sangat sering kita lihat sehari harinya, bahkan bitmap dan vektor juga menjadi materi wajib pelajaran TIK di bangku SMA, jadi sudah selayaknya kita mengetahui pengertian dan perbedaan bitmap dan vektor.


1. Grafis Bitmap

Pengertian dan Ciri-ciri
Bitmap merupakan grafis yang terdiri dari titik titik kotak berwarna yang disebut pixel. Pixel yang tersusun nantinya akan membentuk tampilan gambar. Semakin banyak pixel, makin tinggi tingkat kerapatan, semakin halus gambar yang terbentuk. Grafis jenis bitmap dapat menunjukan kesan natural dari sebuah gambar atau bisa dikatakan sebagai tiruan persis dari gambar asli dalam bentuk digital. Oleh karena itu bitmap sangat tepat untuk gambar-gambar yang memiliki gradasi rumit, contohnya adalah foto.

Kelebihan
-Mampu menyajikan dan mengambil nuansa warna dan bentuk yang natural
-Lebih cepat untuk ditampilkan kelayar monitor

Kekurangan
-Kualitas dipengaruhi ukuran gambar
-Ukuran file relatif besar
-Jika dilakukan kompres file, kualitas gambar menurun

Format file
JPG/JPEG, BMD, TIFF, TIF, PNG, GIF, dll

Software pengolah
-Adobe PhotoShop
-Corel PhotoPaint
Bitmap jika diperbesar

2. Grafis Vektor

Pengertian dan Ciri-ciri
Vektor merupakan gambar yang tersusun dari objek berupa garis dan kurva atau bidang, vektor akan menampilkan gambar berdasarkan perhitungan kordinat geometris tersebut. Gambar jenis ini sering digunakan untuk pembuatan desain animasi, logo dan dua dimensi. Tampilan vektor tidak dipengaruhi oleh resolusi, artinya jika gambar diperbesar kualitasnya tidak akan menurun.

Kelebihan
-Kualitas tidak dipengaruhi oleh ukuran gambar
-Ukuran file relatif kecil
-Tidak pecah saat gambar diperbesar karena bersifat scalable

Kekurangan
-Gambar yang dihasilkan kurang nyata atau natural
-lebih lama ditampilkan kelayar monitor

Format file
CDR, EPS, Ai, dll 

Software pengolah
-Corel Draw
-Adobe Illustrator
-Makromedia freehand
Vektor jika diperbesar
Dari artikel diatas, bisa disimpulkan bahwa grafis vektor dan bitmap mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing, sehingga kita dapat mengetahui bagaimana cara mempergunakan dan membuat sebuah grafis yang benar

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

Fasilitas Komentar untuk
1. Bertanya
2. Menangggapi

DILARANG!! menyertakan link aktif dan spam!!
ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment